Pages

Subscribe:

Kamis, 11 Juni 2009

9 Aspek Penting dalam Memulai Usaha

Posting kali ini saya akan menuliskan ttg aspek-aspek apa saja yang harus perhatikan ketika kita akan memulai usaha. Karena sering terjadi ketika kita akan memulai usaha, bingung memulai dari mana, oleh karena ini disini saya akan sedikit menuliskan hal-hal apa saja yg hrs diperhatikan oleh siapapun yg akan memulai usaha. diantaranya yaitu :
1. Memahami Konsep Produk atau Jasa Secara Baik

Sebelum memulai suatu usaha maka hal yang terpenting adalah pemahaman kita
akan konsep produk atau jasa yang akan menjadi bisnis inti. Kita perlu memahami
bukan hanya secara teknis produksi tetapi juga pasar dan prospek mulai daripada
lingkungan yang terkecil kepada lingkungan yang terbesar. Dalam hal ini
kita harus tahu secara menyeluruh aspek-aspek yang penting dalam melakukan analisa atas kelayakan dan prospek produk termasuk produk-produk yang sama sekali baru
dengan melihat sisi “human behavior”, kebutuhan pasar dan lainnya.

2. Membuat Visi dan Misi Bisnis
Setiap orang yang mau memulai bisnis harus mengetahui visi dan misi yang akan
menjadi panduan seseorang untuk tetap fokus kepada tujuan bisnis dan organisasi
yang awal. Seringkali suatu usaha pada saat mulai berkembang pada tahap
berikutnya mengalami kegagalan karena organisasi tersebut tidak memfokuskan
diri kepada peningkatan kemajuan bisnis awal tetapi terlalu banyak mencoba
mengembangkan bidang usaha lain yang baru. Disini setiap orang harus
belajar bagaimana membuat visi dan misi dalam kaitannya dengan latar belakang
pribadi dan pengetahuan usaha yang akan anda rintis.

3. Perlunya “Winning, Positive & Learning Attitude” Untuk Menjadi Sukses
Sikap mental merupakan kunci keberhasilan atas usaha anda selain daripada
pemahaman usaha anda. “there is no over night success” sesuatu yang harus
dicamkan daripada setiap calon “entrepreneur” karena dibutuhkan waktu, sikap
tidak menyerah, proses belajar secara kesinambungan, dan melihat permasalahan
secara positif yang tidak membuat anda menjadi patah semangat namun melihat
setiap peluang dan belajar atas setiap kegagalan. Anda harus belajar untuk
mengembangkan sikap-sikap diatas untuk menjadi “bisnis entrepreneur” yang
sukses.

4. Membuat “Perencanaan & Strategi Bisnis” Yang Efektif Akan Menghindari Usaha
Daripada Resiko Bisnis dan Keuangan.
Secara statistik hampir seluruh kegagalan bisnis kecil dan menengah
disebabkan karena tidak adanya atau kurang efektifnya perencanaan bisnis yang
anda buat. Asumsi-asumsi seperti kapasitas produksi, tingkat utilisasi
produksi, proyeksi kenaikan harga dan biaya dan aspek lainnya dalam perencanaan
bisnis haruslah menggambarkan secara akurat realitas pasar atau praktek yang
ada dalam suatu industri. Sistematika perhitungan dan proyeksi pendapatan dan
biaya harus dibuat secara tepat sehingga membantu setiap calon pengusaha untuk
menghitung secara akurat kebutuhan modal investasi dan modal kerja termasuk
struktur biaya untuk persiapan awal, tahap percobaan, produksi secara
komersial, inventori, distribusi, pemasaran, administrasi, sumber daya manusia
dan juga komponen pendapatan usaha yang terdiri dari pendapatan inti dan
tambahan. Pemahaman yang baik atas hal ini juga akan membantu calon
entrepreneur untuk dapat mengindentifikasi potensi resiko bisnis, manajemen dan
keuangan dan membuat langkah-langkah pengendalian untuk dapat menghindari setiap resiko tersebut.

5. Pengetahuan Dasar Manajemen, Organisasi & Sistem Akan Menghindari Usaha
Daripada Resiko Manajemen.
Setiap usaha dari yang paling kecil sekalipun membutuhkan manajemen yang baik
untuk memastikan proses pemasaran, produksi, distribusi dan penjualan
berlangsung dengan baik. Sistem manajemen yang buruk akan mengakibatkan adanya
biaya yang tidak perlu seperti bahan baku yang terbuang, pekerja yang tidak
produktif karena pengawasan yang tidak efektif dan deskripsi pekerjaan yang
tidak jelas, koordinasi dan komunikasi antar pegawai yang tidak efektif
sehingga banyak keputusan yang terlambat, perekrutan pegawai yang tidak efektif
sehingga banyak pegawai yang keluar masuk dan membuang banyak waktu dan biaya,
pelatihan yang tidak baik sehingga produktivitas pegawai yang rendah dan masih
banyak lagi permasalahan organisasi.

6. Optimalisasi “Sumber Daya Manusia” Maka 50% Usaha Anda Sudah Berhasil.
Sumber Daya Manusia atau SDM merupakan salah satu kunci keberhasilan usaha
yang sangat penting. Banyak pakar yang menyadari bahwasanya untuk memulai usaha
seringkali apabila kita merekrut pegawai yang tepat dan berpotensi sangat baik
dapat menutup kelemahan manajemen, organisasi dan sistim dalam jangka pendek.
Dengan SDM yang tepat maka kita sudah setengah jalan untuk menjadi sukses.
Disini kita harus memahami kriteria pegawai yang baik dan sesuai dengan kebutuhan usaha, manajemen SDM secara umum termasuk sistim penilaian kinerja pegawai sehingga setiap pegawai akan merasa puas dan juga bagaimana memotivasi pegawai baik secara psikologi umum maupun dengan sistim insentif untuk mengoptimalkan kinerja pegawai.

7. Mengapa “Kreativitas”, “Kepemimpinan” & “Proses Pembuatan Keputusan” Sangat Penting?
Dalam memulai usaha umumnya setiap calon entrepreneur akan mengalami banyak
permasalahan dan krisis. Banyak kegagalan terjadi karena kurangnya kreativitas,
kepemimpinan dan pembuatan keputusan yang tepat untuk mencari solusi yang baik.
Kreativitas seperti “thinking outbox” atau kemampuan melakukan analisa
permasalahan di luar pemahaman yang sudah ada dan mencari alternatif solusi
yang kreatif akan sangat membantu usaha anda untuk berhasil. Kreativitas juga
akan sangat membantu anda untuk menyesuaikan produk-produk anda agar dapat
diterima oleh pasar dan juga melihat berbagai peluang dalam membangun usaha
anda. Kepemimpinan sangat penting dalam krisis untuk membuat setiap pegawai dan
semua orang yang terlibat dalam usaha anda percaya bahwasanya anda tidak panik,
menjadi tempat “last resort” solusi atas semua permasalahan dan menjadi
panutan. Proses Pembuatan Keputusan akan membantu anda dalam mencari alternatif
solusi dan memilih yang terbaik untuk usaha dan organisasi
anda. disini anda harus mendapatkan cara-cara mengembangkan kreativitas usaha anda, ciri-ciri kepemimpinan yang cocok dengan latar belakang pribadi anda dan bagaimana proses yang benar dalam membuat keputusan dalam setiap permasalahan.

8.Pengetahuan Dasar Pengelolaan Keuangan dan Pembiayaan
Pemahaman atas aspek ini adalah sangat penting dalam perkembangan usaha anda.
Seringkali produksi terganggu karena pengelolaan keuangan yang tidak baik
seperti kekurangan dana untuk pembelian bahan baku, alat-alat produksi dan
lainnya. Dalam topik ini akan dibahas pengetahuan dasar atas “Cash Flow” atau
Arus Kas yang seperti darah dalam tubuh manusia, biaya pendanaan, pembiayaan
modal kerja dan investasi, struktur modal, aset perusahaan, penyertaan modal
dan lainnya.

9.Pemasaran, Pelayanan & “Product Brand”
Pemasaran merupakan ujung tombak keberhasilan penjualan produk atau jasa.
Sebaik apapun produk atau jasa tanpa pemasaran yang baik maka akan sangat sukar
untuk meningkat penjualan dan keuntungan usaha. Di lain pihak tanpa pelayanan
yang baik kepada pelanggan maka akan sangat sukar suatu usaha untuk memperoleh
pelanggan yang loyal yang merupakan kunci perkembangan usaha. Dengan pelanggan
yang loyal maka pekerjaan pemasaran akan lebih mudah karena pelayanan yang baik
akan menciptakan “product brand” yang baik kepada calon pelanggan baru. Anda harus mengetahui secara menyeluruh semua aspek penting dalam membuat strategi pemasaran, identifikasi pelayanan yang dibutuhkan pelanggan dan bagaimana menciptakan “product brand” dan efeknya kepada keberhasilan usaha.

Kesembilan faktor di atas hanyalah teori jika tidak dijalankan dengan baik, kunci sesungguhnya dalam usaha adalah ada 9 A, yaitu action, action, action dst ACTION ...
so, ingin jadi pengusaha sukses ??? SEGERALAH TAKE ACTION ... so Anda akan merasakan kesuksesan sejati seorang pengusaha. OK!

50.000 Desain Properti Powerfull Inspirasi Properti
Panduan Lengkap Bisnis Properti Bisnis Properti
Jasa Aristek Lengkap Jasa Arsitek
Sistem Informasi Properti Sistem Informasi Properti
Cari Rumah Berkwalitas Jawara Properti

0 komentar:

Posting Komentar

SISTEM INFORMASI PEMASARAN DEVELOPER PROPERTI Apa guna SID PRO V1 ini? Adalah Sistem informasi pemasaran yang memudahkan Anda untuk membuat Laporan Pemasaran hanya dengan 1 klik saja berupa ?
1. Database Konsumen
2. Omzet Penjualan
3. Total Piutang
4. Piutang Per Konsumen
5. Monitoring Piutang Konsumen
Bonus Surat2 Berikut? :
Super Mega bonus : Ebook Dasar Bisnis Developer Properti
01 Puluhan Contoh desain Rumah tampak depan
02 Contoh Surat Perjanjian dgn Pemilik Tanah
03 Contoh Surat Perjanjian dgn Investor / pemodal
04 Contoh Surat Perjanjian Kerjasama
05 Contoh Proposal Investor / Pemodal
06 Contoh Kelengkapan Untuk KPR INDEN
07 Contoh Surat Angsuran BTN
08 Contoh Surat Kontrak Kerja Staf Penjualan
09 Contoh Surat Perjanjian Pemborongan / kontraktor
10 Contoh Surat Kuasa Jual
11 Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang
12 Surat Perjanjian Kavling
13 Surat Perjanjian Perikatan Jual Beli (PPJB)
segera meluncur kesini : http://sid-properti.com